Uncategorized

Soal Penularan Covid-19 di Transportasi Umum Jangan Hanya Salahkan KCI Pengamat Agus Pambagio

Pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio, mengatakan jangan selalu membebankan masalah penyebaran Covid 19 kepada transportasi kereta api (KA). Menurut Agus, KA ini khususnya Kereta Rel Listrik (KRL) selalu dibebankan terkait masalah penyebaran Covid 19 dan disebut menjadi masalah banyaknya penularan. "KRL yang dikelola PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) tugasnya menyediakan layanan transportasi publik, tapi selalu jadi sasaran pemerintah daerah terkait Covid 19," kata Agus dalam diskusi online, Sabut (13/6/2020).

Transportasi itu, lanjut Agus, dalam masalah Covid 19 ini ada di hilir. Tetapi terkesan yang selalu disalahkan dan dibebankan itu pihak KCI yang mengelola KRL. "Padahal pelaku usaha dan pemerintah daerah, yang berada di hulu terkait Covid 19 ini juga turut bertanggungjawab," ujar Agus. Permasalahan padatnya KRL, menurut Agus, juga berkaitan dengan jam kerja perusahaan dan pegawai pemerintahan yang masih mengharuskan karyawannya masuk jam 8 pagi.

"Ini kan jadi masalah, kalau semua masuk jam delapan pagi semua. Misalkan yang dari Bogor, itu semua naik yang jam enam pagi KRL dan pasti penuh," ujar Agus. Pemerintah daerah ini, ucap Agus, tidak bisa menyentuh perusahaan yang masih beropeasi dengan jam kerja normal karena ada Surat Edaran Kementerian Perindustrian terkait perizinan pelaksanaan kegiatan industri yang dikecualikan. "KCI ini tulang punggung transportasi Jabodetabek, bila tidak ada aturan yang membuat KRL ini bisa kondusif bisa berpotensi terhadap penyebaran virus yang besar," ucap Agus.

Industri harusnya mengatur jam kerjanya, lanjut Agus, sehingga tidak ada lagi penumpukan penumpang di transportasi publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *