Informasi

Simulasi Kredit Rumah, Tips Memilih Kontrakan Rumah yang Tepat

https://www.rumah.com/kpr/kalkulators/simulasi-kredit-rumah

Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok yang penting sekali untuk tempat beristirahat serta melindungi diri dari panasnya terik matahari ataupun hujan. Mempunyai rumah sendiri yang nyaman dan aman tentunya menjadi idaman bagi semua orang.

Tapi banyak sekali pertimbangan saat ingin membeli rumah, salah satu faktor utamanya yaitu mengenai biaya yang cukup besar. Jadi solusi paling terbaiknya bagi anda yang ingin menempati sebuah rumah yaitu dengan cara menyewanya, yang mana rumah kontrakan merupakan pilihan yang terbaik bagi anda yang memiliki budget terbatas.

Bagi anda yang berminat untuk menyewa rumah kontrakan maka terdapat beberapa tips dalam memilih kontrakan rumah yang tepat, berikut ini ulasannya.

Apa Saja Tips dalam Memilih Kontrakan Rumah yang Tepat ?

 

  1. Pilih Harga Sewa Sesuai Budget

Tingginya kebutuhan akan tempat tinggal membuat bisnis kontrakan semakin banyak diminati. Sementara itu untuk menyewa rumah bagi sebagian orang memang dapat dijadikan sebagai solusi, karena harga jual properti hingga kini terus melambung tinggi.

Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika sedang mencari rumah kontrakan yaitu, carilah harga sewa yang sesuai dengan budget anda. Untuk rumah kontrakan ada yang dengan sistem bayar per bulan dan juga per tahun.

Maka anda bisa memilih harga rumah kontrakan yang sesuai dengan kondisi keuangan anda. Supaya lebih aman, ada baiknya anda membuat perhitungan anggaran setidaknya di 6 bulan pertama.

  1. Pertimbangkan Lokasi Rumah Kontrakan

Selanjutnya yang perlu diperhatikan juga apabila mencari kontrakan rumah yang tepat yaitu mengenai lokasinya. Anda sebaiknya mencari lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis ini bisa diartikan dua hal yang berbeda apabila dilihat dari dua segi yang berbeda.

Yang pertama, tentukan rumah kontrakan yang dekat dengan tempat kerja, baik untuk anda dan keluarga anda. Ini akan meminimalisir pengeluaran dan waktu tempuh yang anda perlukan untuk menjalani rutinitas harian selama mengontrak rumah.

Strategis yang kedua yaitu bisa diartikan yang dekat dengan berbagai macam fasilitas umum. Contohnya seperti sekolah, tempat ibadah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, jalan tol, dan lain sebagainya.

Tak hanya di luar, tetapi di dalam komplek perumahan juga baiknya anda mencari kontrakan rumah yang bisa membuat anda menikmati berbagai macam fasilitas umum yang sangat lengkap.

Jadi sangat penting sekali untuk memilih rumah kontrakan yang lokasinya strategis. Supaya bisa memudahkan anda untuk menjaga tempat-tempat tersebut dengan biaya yang lebih hemat dan waktu yang lebih cepat pula. Dengan begitu tentunya akan menguntungkan anda apabila rumah kontrakan tidak jauh dari berbagai macam fasilitas umum.

  1. Melalukan Survei Rumah Terlebih Dahulu

Apabila anda sudah menemukan rumah kontrakan yang sekiranya cocok, langkah berikutnya yaitu anda harus melakukan survei langsung ke lokasi rumah tersebut. Untuk itu anda perlu membuat janji terlebih dahulu kepada si pemilik kontrakan agar memungkinkan saat anda datang ke lokasi kontrakan si pemilik ada di lokasi tersebut.

Survei ini memiliki tujuan agar anda bisa melihat secara langsung kondisi dari rumah kontrakan. Jadi anda bisa mengetahui apakah ada spot yang butuh perbaikan atau tidak, sehingga anda dapat menyesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Selain itu pula anda juga dapat mengetahui fasilitas apa saja yang ada di kontrakan tersebut, agar anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih untuk membayar beberapa kebutuhan umum seperti telepon, listrik, dan air.

Mengapa Harus Mengecek Persetujuan Kontrak Rumah ?

 

  1. Mengecek Surat Persetujuan Kontrak Rumah

Rumah kontrakan merupakan rumah yang akan anda tempati untuk jangka waktu yang cukup lama. Jadi sebisa mungkin harus sesuai dengan yang anda butuhkan. Yang mana memerlukan pertimbangan yang sangat matang sebelum anda memutuskan untuk menyewa rumah, supaya anda tidak menyesal di kemudian hari.

Maka dari itu anda harus aktif untuk mengajukan beberapa pertanyaan kepada si pemilik rumah. Mulai dari pertanyaan yang dasar hingga peraturan atau larangan yang diberlakukan.

Selain itu pula dibutuhkan untuk membuat surat perjanjian kontrak yang sudah ditandatangani hitam di atas putih. Tapi sebelum anda menandatangani surat tersebut, anda perlu membaca dengan lebih detail serta memperhatikan secara seksama mengenai setiap point yang disebutkan. Jadi jangan sampai ada salah satu poin yang memiliki potensi untuk merugikan anda secara sepihak.

Bagi anda yang sedang mencari kontrakan rumah yang tepat, maka anda bisa mengunjungi website berikut ini https://www.rumah.com/kpr/kalkulators/simulasi-kredit-rumah. Di sini Anda juga bisa memilih layanan kredit rumah, dan sebelum melalukannya anda bisa memperkirakan simulasi kredit rumah yang akan dihuni.

Simulasi kredit rumah melalui kalkulator KPR Rumah.com akan membantu anda memperoleh perkiraan dari cicilan KPR bulanan rumah idaman anda. Caranya cukup mudah. KPR merupakan cara kepemilikan rumah yang banyak diminati masyarakat. Sudah lebih 80% pembelian property menggunakan cara ini.

Hal yang perlu disadari yaitu pembelian rumah secara KPR ini ada bunganya. Maka dari itu, dengan perhitungan kalkulator KPR anda bisa tahu total harga rumah yang perlu dibayar memang lebih besar apabila dibandingkan dengan pemberian tunai.

Kalkulator KPR juga bisa membantu anda untuk mencari kombinasi yang cocok mengenai besaran bunga dan jangka waktu kredit rumah. Supaya kredit rumah bulanan dapat sesuai yang anda inginkan.

Besar total cicilan bulanan anda tersebut tidak lebih besar dari 35% dari penghasilan perbulan anda. Menghitung besar kredit rumah yang ideal tentu disesuaikan dengan penghasilan bulanan. Anda dapat menutupnya melalui kalkulator keterjangkauan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *