Informasi

Perbedaan Absensi Online dan Manual

Dalam kehidupan dunia bisnis dan kerja Absensi merupakan hal yang sangat umum. Sebenarnya absensi ini hanya sebuah laporan atau data mengenai kehadiran karyawan yang datang bekerja ke perusahaan. Namun selama beberapa tahun belakangan ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih. Bahkan absensi karyawan juga bisa dilakukan secara online.

Tujuan absensis tersebut untuk mengetahui daftar hadir karyawan masuk bekerja ke perusahaan. Dengan begitu anda dapat mengetaui keaktifan para karyawan. Sehingga anda bisa menilai kinerja masing-masing karyawan. Apalagi dengan kehadiran absensi online akan memudahkaan perusahaan untuk mendata kehadiran seluruh karyawan yang bekerja.

Apa Saja Perbedaan Absensi Online dan Manual?

Efisiensi Berkas dan Ruang

Seperti yang telah anda ketahui bahwa absensi kerja membutuhkan sebuah berkas yang berisi data tercetak mengenai seluruh anggota. Yang mana data tersebut harus disimpan dengan baik agar tidak mudah rusak dan hilang. Biasanya tujuan berkas tersebut disimpan untuk dijadikan sebagai bukti jika suatu saat dibutuhkan.

Tentunya absensi secara manual dalam jangka waktu yang lama akan membuat berkas semakin banyak dan menumpuk. Sehingga akan memakan ruang untuk tempat penyimpanannya. Nah absensi online ini sebenarnya memiliki tujuan yang sama. Hanya saja yang membedakan lebih simple, praktis dan tidak memakan ruang.

Data absensi online tidak bergantung pada sebuah dokumen kertas. Absensi tersebut dapat disimpan pada sebuah perangkat dan bisa diakses secara online.

Kemudahan dalam Perekapan

Pada dasarnya absensi online mudah diinput dan bisa langsung terhubung dengan staf HRD kantor. Namun berbeda dengan absensi manual yang datanya masih berupa dokumen kertas. Dalam hal ini untuk melakukan proses perekapan data akan membuat anda kerepotan. Perekapan data hanya bisa dilakukan secara manual oleh staff anda.

Namun berkat adanya teknologi yang sangat canggih, absensi online akan mempersingkat waktu dalam proses perekapan data. Selain itu proses perekapan data absensi online juga lebih akurat tidak seperti absesnsi manual yang rentan mengalami kesalahan.  Bagi anda yang ingin membuat absensi online namun tidak memahami untuk membuatnya, maka anda bisa mencari contoh absensi online terlebih dahulu.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *